Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

VARIANSI BENTUK KOMUNIKASI DG E MAIL

T.I.K
       Variasi  Bentuk  Komunikasi  dengan  e-mail
Dalam beberapa hal e-mail memang meniru surat biasa , meskipun jelas memiliki kelebihan lain . ini terlihat jelas pada kemungkinan bentuk  komunikasi  yang  bisa  di lakukan  dengan e-mail .
1. POINT TO POINT
   Maksudnya adalah  mengirimkan e-mail langsung kesebuah alamat tertentu . di indonesia terdapat kesepakatan  diantara mereka yang sering berkirim e-mail bahwa cara ini dinamakan japri , singkatan dari jalur pribadi .
2. CARBON COPY/CC
    Pengertian karbon , disini analog dengan bila kita mengetik  surat ( dengan mesin tik konvensional ) menggunakan kertas karbon untuk mendapatkan  sinyalnya  . maksudnya  adalah  sebuah e-mail  , selain di tujukan  ke sebuah  alamat  utama  juga di kirimkan  tembusannya  ke alamat  lain . biasanya  alamat utama kita tuliskan  pada  bagian  yang  awal  dengan  "TO" sedangkan  alamat tembusanya  kita tuliskan  pada  bagiann "CC" .
3. BLIND CARBON COPY / BCC
     Ini  adalah  variasi dari CC . orang  yang menerima e-mail  yang alamatnya  di tuliskan  pada bagian  "TO" Oleh si pengirim  , bisa  melihat  kepada  siapa  atau  kepada  alamat  e-mail  mana saja  e-mail  tersebut   dikirimkan sebagai  tembusan  . ini karena  ia bisa  langsung  melihat  pada bagian "CC" .
       Kadang-kadang  ada kebutuhan  untuk   mengirimkan  sebuah  e-mail kepada  seseorang  tetapi  kita  tidak ingin  orang tersebut  tahu  bahwa  kita  juga  mengirimkan  tembusannya  kepada  alamat orang  lain . untuk  itulah  digunakan  BCC. beberapa e-mail  client  menyediakan bagiann  "BCC"  selain  "TO" dan "CC" . Pada  outlook  express versi 5.01 bagian  BCC baru  bisa  tampak  bila kita  masuk  kesebuah  e-mail  baru  dan mengklik  pilihan  view.
4.DISTRIBUSTION LIST
        Distribustion list  adalah  sebuah  cara  komunikasi  dengan menggunakan  e-mail  secara satu arah . biasanya  ini   di  buat  oleh  orang  yang  berkepentingan  untuk  menyebar luaskan  informasi  tertentu  ( pengumuman , berita harian ,dan sebagainya ) . akan  tetapi  tidak  megharapkan  adanya  respon  dari  pada  penerima  e-mailnya . untuk  itu  yang  harus  di lakukan  adalah  membuat  sebuah  alamat tertentu khusus  untuk  keperluan  ini  . bila  pengelola  distribution list  mengirimkan  sebuah  e-mail  ke alamat  tersebut  , maka  alamat  itu  akan   mem-forwade  e-mail  tadi  ke semua  alamat  e-mail  yang menjadii  pelanggan  ( subscriber) DARI distribution  list .
5. DISCUSSION LIST
         Discussion list  sering  kali  juga  disebutt mailing list  atau  lebihh populer  dengan  milis  . pengertiannyya hampir  sama  dengan  distribution list  hanya  memungkinkan  siapa  saja  yang  tergabung  menjadii  subscriber  untuk  mengirimkan  respon terhadap  sebuah e-mail . akan  tetapi  belum tentu  semua  orang  bisa  begitu  saja mengikuti  sebuah  milis  . kadang kadang ada  milis  untuk kalangan  terbatas .

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

>